Tugas KWU 3

2.3 Aspek Pemasaran

Hal terpenting dalam usaha selain aspek lainnya adalah pemasaran. Pemasaran berkaitan dengan membuat produk menarik, harga bersaing dan wajar, lokasi yang tepat, dan bagaimana strategy dalam menawarkannya kepada konsumen.

  1. Product : Produk yang kami tawarkan adalah jasa pencucian helm yaitu menggunakan mesin khusus pencuci dan pengering helm. Mesin cuci helm bervariasi namun mesin yang kami gunakan 1 tempat cuci, 4 helm blower, 4 helm spinner, dan 4 helm penyimpanan helm.
  2. Price : Harga yang kami tawarkan berdasarkan pertimbangan harga pesaing dan harga variable operasi pencucian helm sehingga kami mengambil rata” berkisar Rp 17,000 untuk helm full face dan Rp 15,000 untuk helm half face.

 

  1. Promotion : alat promosi yang kami gunakan untuk mengenalkan jasa kami adalah menggunakan banner, brosur dan online. Karena juga kami memposisikan toko ini dekat atau menyatu dengan rekan yang mempunyai toko cuci motor sehingga menjadi salah satu promosi tersendiri.
  2. Place :Kami memposisikan lokasi toko kami dekat dengan perumahan, jalan besar, dan yang paling penting dekat atau menyatu dengan usaha jasa steam motor. Kriteria lokasi diatas berdasarkan pertimbangan promosi dan biaya.

Permintaan

  • Jika hanya melihat peluang berdasarkan “Badan Pusat Statistik” Badan Pusat Statistik” jumlah kendaraan bermotor pada tahun 2011: 68,839,341 kendaraan bermotor, tahun 2012: 76,381,183 kendaraan bermotor, dan tahun 2013: 84,732,652 kendaraan bermotor. Kenaikan kenadaraan bermotor pada tahun 2011 ke 2012 sebesar : 7,541,842 dan pada tahun 2012 ke 2013 sebesar : 8,351,469. Sehingga jika diambil perhitungan rata-rata setiap tahun dapat di estimasi kenaikan sebesar : 7,946,655.5 / 8,000,000/ tahun. Jika diasumsikan hingga tahun 2015 kenaikannya sama sebesar Rp 8,000,000/ tahun maka pada tahun 2015 jumlah sepeda motor sebesar 84,748,652 dan dari jumlah ini diasumsikan presentasi wilayah Jakarta dan kabupate tangerang sebesar 30% dan 20% sebesar 25,424,595 dan 16,949,730. Dari skala 30% dan 20% ini kami asumsikan 1% yang bisa kami ambil sebesar 254,246 dan 169,497 atau sama dengan 21,187 helm/bulan dan 14,125 helm/bulan (asumsikan 1 motor 1 helm). Dengan dasar data diatas mengenai jumlah kendaraan bermotor menjadi tidak rasional sehingga kami menggunakan dasar yang lain yaitu wawancara kepada pemilik usaha jasa cuci motor mengenai minat pelanggannya dengan jasa cuci helm dan pemilik usaha cuci motor.

 

  • Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap teman-teman yang mempunyai usaha cuci motor dan cuci helm di daerah sekitar kabupaten Tangerang mengatakan bahwa rata-rata 50% pelanggannya menanyakan jasa cuci helm. Rata-rata pelanggan cuci motor sebesar 20-60 motor/hari atau rata-rata sebesar : 50 motor/ hari. Jadi berdasarkan rata-rata 50 motor/ hari,50% menanyakan cuci helm sebesar 25 orang/hari. Total Tempat usaha cuci motor yang di wawancara dan observasi sebesar 3 toko.

Penawaran

  • Berdasarkan observasi dan pengamatan didaerah kabupaten Tangerang belum ada saingan yang membuka usaha cuci helm khususnya daerah dadap dan sekitarnya tetapi daerah DKI Jakarta sudah ada usaha sejenis namun belum terlalu banyak karena usaha ini merupakan usaha pendukung bukan usaha utama.

 

images mesin-cuci-helm-murah-3helm-KYT-full-face

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s